Senin, 23 Oktober 2017

Pemilihan Kandidat Ketua dan Pengurus OSIS Periode 2017/2018




 Sabtu, 21 Oktober 2017 menjadi puncak kegiatan pemilihan OSIS MTsN 03 Blitar, sebelumnya tim dari OSIS telah mempersiapkan segala keperluan sehingga kegiatan ini berjalan lancar. Mulai dari pemilihan ketua MPK sampai dengan calon kandidat yang diusulkan oleh ketua kelas dan disahkan oleh wali kelas.
  Yang menarik dari para kandidat saat diadakannya kampanye terbuka yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi MTsN 03 Blitar.Mereka, para kandidat menyajikan penampilan yang luar biasa layaknya seorang orator handal dengan lantangnya menyampaikan segala visi misi yang akan menjadi tujuan saat mereka brnar-benar terpilih menajdi ketua OSIS. dimulai dari kandidat no.1 yaitu Muhammad Najib Zam-Zami, Dewi Masitoh, Eprillio Jetris / diwakili oleh Berliana Laksono sebab sakit, Syaghifatus Salwa, dan Alfi Sa'adah. Setelah semua menyampaikan visi misi  mereka juga dituntut untuk siap menjwab beberapa pertanyaan dari masing-masing kelas.
  Cara ini memang dirancang oleh Bapak Ibu guru pembina untuk memberikan pengalaman dan wawasan mereka agar memiliki bekal berorganisasi yang baik dan menjadi pemimpin yang baik sesuai dengan apa yang disamapaikan di dalam visi dan misi mereka. Ini berkaitan dengan konsep yaitu penggabungan antara dzikir fikir dan amal untuk menjadi manusia yang sempurna. Bahwasanya pemimpin tidak hanya pandai berbicara namun juga melaksanakan apa yang telah menjadi tanggung jawabnya kepada sesama manusia dan tanggung jawabnya kepada Tuhannya. "kullukum ro'in wa kullukum masulun 'an ro'iyyatih".
  Sekitar jam 07.00 WIB para siswa menyiapkan diri untuk melakukan pemilihan langsung yang diselenggarakan di kelas 7B. Pelaksanaan dimulai dari kelas 7A bergantian sampai dengan kelas 9G. Cara pemilihn dilaksanakan seperti halnya proses demokrasi yang diselenggarakan di indonesia. yaitu memegang prinsip luber jurdil. Ini juga merupakan pembelajaran yang efektif bagi siswa. Mereka menerapkan langsung proses demokrasi meskipun ruang lingkupnya hanya di sekolah. Namun ini penting bagi siswa sebagai pengalaman dan pembelajaran siswa.
  Tata cara pemilihan kandidat dilakukan dengan mendaftarkan diri/ tanda tangan kemudian secara bergilir mereka mendaptkan surat suara yang berisikan foto kandidat. Selnjutnya pemilih menempati bilik-bilik yang kosong untuk memilih kandidat yang sesuai dengan pilihannya sendiri tanpa campur tangan dari pihak lain. Setelah itu pemilih memasukkan surat suara ke dalm kotak suara. Terakhir mencelupkan jari kelingking ke dalam tinta sebagai bukti bahwa mereka telah ikut serta di dalam pemilihan.
  Setelah semua siswa menggunakan hak pilihnya, terakhir adalah penghitungan surat suara yang dilakukan oleh panitia yaitu dari OSIS lama dan di dampingi Bapak Ibu guru pembina. Penghitungan berlangsung alot dengan menghadirkan beberapa saksi yaitu antra kndidat no.2 dan no.3 yang pada akhirnya dimenangkan oleh kandidat no.3 atas nama Eprillio Jetris Irvando dengsn perolehan suara sebanyak 203.
  Kandidat yang terpilih akan dilantik dan dilanjutkn dengan rangkaian acara yang lain yaitu pembekalan latihan dasar kepemimpinan. Harapn penulis mudah-mudahan para kandidat dapat menjalankan tugasnya dan mengmbil pengalaman ini serta dajadikan sebagai pelajaran di masa mendatang, yang terpenting adalah semangat pantang menyerah dan mudah-mudahan diberi yang terbaik aamin.

Kutipan ananda Irfan Jazuli: "Liasal Jamalu Bi Aswabi Tuzayyinuna. Innal Jamala Jamalul 'Ilmi Wal Adab"
Artinya, Kecantikan itu bukan dengan pakaian yang menghiasi kita Sesungguhnya kecantikan itu adalah kecantikan ilmu dan adab.
Berikut dokumentasinya.
Proses awal pemilihan

Pemilih mengambil tempat pada bilik-bilik yang kosong

Memasukkan surat suara ke dalam kotak

Proses penghitungan suara oleh panitia

Salah satu panitia yang bertugas membacakan surat suara
Proses akhir penghitungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGUMUMAN SOSIALISASI MATSAMA (MASA TA'ARUF SISWA MADRASAH) MTsN 3 BLITAR TAHUN 2023

Penting! Assalamualaikum Wr. Wb. Mohon kehadiran seluruh peserta didik baru MTsN 3 Blitar  pada, Hari, tanggal : Selasa, 04 Juli 2023 Waktu ...