Selasa, 17 September 2019

Muharram

Muharram di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Blitar

Tahun Baru Islam ditandai dengan masuknya tanggal 1 Muharram. Bulan Muharram memiliki keutamaan yang besar. Umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan di bulan Muharram. Bulan Muharram  merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriah yang dihitung berdasarkan revolusi bulan. Nabi Muhammad SAW menyebut bulan Muharram sebagai Syahrullah atau berarti bulan Allah.
Dalam bahasa Arab, Muharram bermakna 'waktu yang diharamkan'. Maksudnya, pada bulan ini manusia dilarang menzalimi diri sendiri dan melalukan perbuatan dosa. Salah satu amalan yang paling afdal di bulan Muharram adalah menjalankan ibadah puasa Muharram, seperti yang dicontohkan nabi-nabi dan rasul terdahulu. Puasa Muharram ini ada dua yang paling utama, yaitu puasa Tasu'a dan Puasa Asyura.
Peringatan bulan Muharram, di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Blitar termasuk deretan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Dalam rangka memperingati bulan Muharram ini, di MTsN 3 Blitar melaksanakan serangkaian kegiatan bertema islami. Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat baru demi menyambut bulan baru ini.
Kegiatan pertama adalah istighosah yang dilaksanakan pada hari Jumat, 13 September 2019. Kegiatan ini, dihadiri oleh warga sekitar MTsN 3 Blitar. Kegiatan istighosah dimulai pada pukul 16.00 WIB. Selain bertujuan untuk doa bersama, kegiatan ini juga bertujuan menyambung silaturahmi dengan warga sekitar MTs. Kegiatan istighosah bersama warga sekitar MTsN 3 Blitar, pertama kali diadakan di tahun ajaran 2019/2020 ini. Kegiatan ini tentu mendapat apresiasi yang baik dari warga sekitar.
 Keesokan harinya, Sabtu (14/9), masih dalam rangka memperingati bulan Muharram, di MTsN 3 Blitar mengadakan pengajian dan santunan anak yatim piatu. Pengajian ini, diadakan di masjid An-Nur MTsN 3 Blitar. Mubalig yang mengisi acara ini adalah Bapak Ismail dari Kanigoro. Siswa- siswi MTsN 3 Blitar mengikuti kegiatan dengan tertib.
Selain pengajian, ada kegiatan santunan anak yatim piatu. Santunan ini merupakan salah satu amalan yang diianjurkan di bulan Muharram. Santunan ini diharapkan mampu mengajarkan kepada siswa-siswi MTsN 3 Blitar tentang pentingnya rasa syukur dan mengajarkan berbagi kepada sesama. Kegiatan terakhir ditutup dengan makan bersama siswa-siswa MTsN 3 Blitar. Demikian serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka peringatan bulan Muharram di MTsN 3 Blitar. Semoga kedepannya akan mampu menjadikan madrasah menjadi lebih baik lagi sebagaimana slogan madrasah, yakni Madrasah Hebat Bermartabat.




gambar1
gambar2
gambar3
gambar4
gambar5
gambar6
gambar7
gambar8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGUMUMAN SOSIALISASI MATSAMA (MASA TA'ARUF SISWA MADRASAH) MTsN 3 BLITAR TAHUN 2023

Penting! Assalamualaikum Wr. Wb. Mohon kehadiran seluruh peserta didik baru MTsN 3 Blitar  pada, Hari, tanggal : Selasa, 04 Juli 2023 Waktu ...