Sabtu, 28 Oktober 2017

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda



    Sabtu, 28 Oktober 2017 siswa-siswi MTsN Langkapan telah melaksanakan upaca hari Sumpah Pemuda, upacara ini diselenggarakan untuk mengingatkan kembali sejarah Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda merupakan ikrar yang disuarakan oleh para pemuda-pemudi Indonesia sebagai semangat membangun bangsa. Ya, di tangan pemudalah bangsa ini dapat berjalan dengan baik seperti pidato yang disampaikan oleh Bapak Ir. Sukarno, presiden pertama Indonesia “beri aku sepuluh pemuda maka akan ku guncang dunia”. Di tangan pemudalah bangsa ini dapat berkembang dan menjadi Negara yang maju karena semangatnya. Apabila melihat sejarah di banyak Negara, pasti akan menemukan fakta yang tak terbantahkan bahwa pemuda merupakan komponen yang utama dalam peristiwa-peristiwa bersejarah seperti halnya kemerdekaan.
     Sumpah pemuda di selenggarakan pada tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Diikuti oleh wakil organisasi pemuda seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatra, Pemuda Kaum Betawi dan lainnya.  Sedang isi dari sumpah pemuda adalah sebagai berikut:
Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami Putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.
    Itulah bunyi sumpah pemuda yang juga disampaikan Oleh Bapak Drs. Suwito, S.Pd selaku Pembina sekaligus sebagai guru PKn di MTsN Langkapan. Beliau juga menyampaikan makna dari bunyi sumpah pemuda bahwa Negara Indonesia merupakan negara yang beragam banyak suku, adat istiadat serta bahasa. Maka dari itulah para pemuda bersatu melalui kongres sumpah pemuda ini. Beliau berpesan kepada para siswa bahwa peringatan upacara sumpah pemuda ini dapat diterapkan ke dalam lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan keluarga. Di lingkungan sekolah siswa dapat menerapkannya melalui kerja kelompok dalam kegiatan belajar dan pelaksanaan piket harian yang menumbuhkan kekompakan anatara siswa yang satu dengan yang lainnya. “Syubbanul Yaum, Rijalul Ghad” pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan.
Petugas Upacara:
Pembina: Drs. Suwito
Pemimpin: Andre Kurniawan
Ajudan: Al Jeza Vegan Milabu
Komandan Pleton: Miftahul Akhyar, Nanang Afandi, Ade Armando, Syaghifatu Syalwa
Paskibra: Mirza Aizzal Hakim, Tajjudin Al-Hubby, Dodi Prayoga, Kharisma Salma, Elvina Nanda Bintoro, Haliza Putri.
Pembaca Teks UUD: Lu'luun Nur Rohmah
Pembaca Teks Sumpah Pemuda: Firdaus Zaidan
Pembaca Teks do'a: Putri Mubarokah

Berikut dokumentasinya:

Peserta Upacara

Tim Paskibra

Tim Paduan Suara

Pemimpin Upacara Andre Kurniawan
Protokol Upacara

Pembacaan Teks Sumpah Pemuda


Pengibaran Bendera Merah Putih Oleh Tim Paskibra

Bapak Ibu Guru MTsN Langkapan


Pembacaan Do'a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGUMUMAN SOSIALISASI MATSAMA (MASA TA'ARUF SISWA MADRASAH) MTsN 3 BLITAR TAHUN 2023

Penting! Assalamualaikum Wr. Wb. Mohon kehadiran seluruh peserta didik baru MTsN 3 Blitar  pada, Hari, tanggal : Selasa, 04 Juli 2023 Waktu ...