Sabtu, 01 September 2018

QURBAN DAN MANASIK HAJI MTsN 3 KAB BLITAR




Hari Idul Adha adalah merupakan puncak dari ibadah haji. Pada bulan Agustus ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaramah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kesunnahannya menyembelih hewan qurban.



Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada ummat Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim A.S. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. yang kemudian Allah gantikan dengan seekor Domba adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim A.S dalam menjalankan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah. Ibadah Qurban juga memiliki keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Amalan yang paling dicintai Allah pada hari Raya Iedul Adha adalah Berkurban. dengan adanya pelajaran tersebut MTsN 3 Blitar mengadakan beberapa kegiatan di antaranya penyembelihan hewan qurban dan manasik haji untuk menanamkan pendidikan pada jiwa peserta didik.


Berikut dikumentasinya!



Bapak Ibu Guru yang melaksanakan Qurban
Proses penyembelihan hewan Qurban oleh Bapak Drs. H. Nur Aziz, M.Pd.I
Proses penyembelihan hewan Qurban dari siswa-siswi sebagai bentuk pembelajaran berupa 2 ekor kambing
Proses pemotongan daging Qurban
Penimbangan daging Qurban dan proses pembungkusan
Pembagian daging Qurban kepada siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGUMUMAN SOSIALISASI MATSAMA (MASA TA'ARUF SISWA MADRASAH) MTsN 3 BLITAR TAHUN 2023

Penting! Assalamualaikum Wr. Wb. Mohon kehadiran seluruh peserta didik baru MTsN 3 Blitar  pada, Hari, tanggal : Selasa, 04 Juli 2023 Waktu ...