Rabu, 06 Juni 2018

MTsN 3 BLITAR MENYAMBUT BULAN RAMADHAN DENGAN MENGADAKAN PONDOK RAMADAHAN DAN BAGI TAKJIL




      Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat, bulan yang penuh ampunan dan bulan yang dinanti-nanti muslim di seluruh dunia. Bulan ramadhan tidak seperti bulan yang lainnya karena pada bulan tersebut seluruh amalan baik manusia dilipatgandakan seribu kali. Inilah yang disebut dengan bulan yang penuh rahmat dimana Allah dengan keridhaannya melimpahkan kasih sayangnya dengan melipatgandakan pahala manusia yang bertaqwa. Keistimewaan ini dirasakan oleh umat Nabi Muhammad SAW yang tidak diberikan kepada umat-umat sebelumnya. untuk itu dengan umur yang kurang dari seratus tahun ini manusia diberikan kesempatan untuk giat beribadah pada bulan tersebut dengan meninggalkan urusan-urusan duniawi. Harapannya agar Allah memberikan ampunan kepada manusia yang bertaqwa.
      Pada bulan ramadhan juga terdapat malam Nuzulul Qur’an dan malam Lailatul Qadar. Malam yang lebih baik dari seribu bulan. Untuk itu warga MTsN 3 Kab Blitar tidak menyianyiakan kesempatan tersebut dengan mengadakan kegiatan pondok Ramadhan dan bagi takjil yang dilaksanakan pada tanggal 4-6 Juni 2018. Dalam kegiatan tersebut siswa-siswi MTsN 3 Blitar melakukan tadarus Al-Qur’an, membahas kitab Fiqih, praktik shalat dan sorenya dilanjutkan bagi-bagi takjil oleh tim OSIS.
       Bagi-bagi takjil ini merupakan inisiatif dari tim OSIS sebagai bentuk penguatan kesalehan sosial siswa yang diterapkan langsung di masyarakat. Tim OSIS dengan mandiri membuat kelengkapan bahan yang akan dibagikan kepada masyarakat. Khususnya masyarakat yang berhenti disekitar perempatan Poluhan Blitar yang merupakan jalur antar kota. Mereka sangat antusias membagikannya dengan cepat sebanyak 400 bungkus makanan ringan beserta minuman telah habis hanya dengan waktu setengah jam. Kegiatan bagi takjil ini sebelumnya juga pernah dilakukan oleh siswa-siswi pada bulan ramadhan yang lalu, kali ini dilanjutkan sebagai tradisi baik dan merupakan pembelajaran kepada siswa untuk menguatkan karakter siswa agar lebih peduli dengan manusia disekitarnya.

“Man fariha biduhuli ramadhaana harramallahu jasadahu ‘alannirani, artinya siapa yang bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka”
“Yaa ayyuhalladzina aamanu kutiba alaikumush shiyamu kama kutiba ‘alal ladzina min qablikum la’allakum tattaqun, artinya Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. (QS. Al-Baqarah: 183)
Berikut dokumentasinya!

Persiapan pemasangan banner di sekitar posko pembagian takjil
Eprilio Jetris selaku ketua OSIS memandu dan mengarahkan timnya untuk menata minuman dan makanan ringan dalam tas kecil
Tim OSIS sudah selesai membungkus makanan dan minuman untuk dibawa ke posko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGUMUMAN SOSIALISASI MATSAMA (MASA TA'ARUF SISWA MADRASAH) MTsN 3 BLITAR TAHUN 2023

Penting! Assalamualaikum Wr. Wb. Mohon kehadiran seluruh peserta didik baru MTsN 3 Blitar  pada, Hari, tanggal : Selasa, 04 Juli 2023 Waktu ...